10 Search Engine Selain Google

Menurut Wikipedia mesin pencari (bahasa Inggris:search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup.
Selain Google ternyata masih ada banyak search engine yang bisa digunakan 10 diantaranya sebagai berikut:

Info Dunia dan Sekitarnya

10. WebClawler
Sebenarnya WebClawler tidak kalah cepat dengan Google. WebClawler memiliki kelibihan yang sangat menarik yaitu, hasil search dari WebClawler merupakan hasil gabungan bersama dari Google, Yahoo, Windows Live, Netscape dan masih banyak lagi. Mesin pencarian ini bisa dibilang tua karena sudah beroprasi sejak 1994.

9.DuckDuckGo
DuckDuckGo adalah mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber seperti website crowdsourced,Wikipedia dan berbagai mesin pencari lainnya. Perusahaan ini bermarkas di Paoli, Pennsylvania, Amerika Serikat. Nama perusahaan ini berasal dari mainan anak-anak. Search Engine ini diciptakan oleh Gabriel Weinberg yang diluncurkan pada 25 September 2008.

8.AOL
AOL adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York City yang berkembang, tumbuh, dan berinvestasi dalam merek dan situs web. Bisnis perusahaan meliputi distribusi digital konten, produk, dan jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan pengiklan. Perusahaan ini terletak di New York City, Amerika Serikat.

7.Windows Live Search
Melalui search engine ini, anda bisa mencari seluruh isi web di databasenya atau membuat sendiri halaman personalisasi anda dengan diisi informasi yang anda miliki sendiri. Selain itu search engine ini juga bisa diinstal di komputer dengan cepat dan hemat.

6.Baidu
Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 yang berpusat di Distrik Haidan, Beijing, China atau RRC.Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.

5.Yandex
adalah sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60%. Yandex merupakan mesin pencari terbesar keempat di dunia berdasarkan Comscore.com dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya.
Selain di Rusia, Yandex juga memiliki pangsa besar di Ukraina, Belarus dan Kazakhstan.

4.MSN
Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioprasikan dengan sistem oprasi windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, dan Windows Vista.

3.Ask
Ask adalah bisnis elektronik dan mesin pencarian web yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat. Mesin pencari ini awalnya hanya bahas Inggris saja.  

2.Bing
Bing merupakan situs pencari yang bernaung dibawah microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu. Mesin pencari ini dikenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Bllamer pada konfrensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat.

1.Yahoo!
Yahoo! adalah perusahaan internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari yang disebut Yahoo! Search. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita ada 700 juta orang membuka Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk 2 Maret 1995, dan hingga saat ini pun Yahoo! masih banyak dikunjungi.

NB=Sebenarnya masih ada banyak lagi search engine yang sangat menarik diluar sana, bukan hanya 10 
Baca juga = 10 Merek Ponsel Yang Dibuat Indonesia 
                    10 Teknologi Masa Depan Yang Benar Ada Saat Ini

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "10 Search Engine Selain Google"

  1. Ohhhh jadi begitu ya gan, baru tau ane ini informasi, biasanya angger pakai e. makasih gan..

    ReplyDelete
  2. Wahh kerenn gan nambah informasinya.. Thanks:D

    ReplyDelete
  3. kalau bing ane pake kalau yang lain baru tau nih xD

    ReplyDelete
  4. walaupun banyak, google tetap di hati :D hehehhe

    ReplyDelete
  5. banyaksih tetapi google masih yg terbaik gan!

    ReplyDelete
  6. Yg paling bagus masih google pastinya..

    ReplyDelete
  7. Wahh nambah informasi nih, ane taunya yg selain google itu yahoo, bing sama ask. Thanks infonya gan

    ReplyDelete
  8. fire fox itu bukan search engine

    ReplyDelete
  9. google terbaekkk.... judulnya ketutupan gan klu boleh sran sharenya di pndah di bawah artikel gn biar ganteng

    ReplyDelete
  10. Kalo ane biasa pake yg DuckDuckGo, bisa buat akses situs .onion juga

    ReplyDelete
  11. Sebenernya masih ada banyak lagi gan tapi saya meringkasnya menjadi 10

    ReplyDelete
  12. Banyak juga ya gan saya Udah kebiasaan Pake Google jadi gk tau :v

    ReplyDelete
  13. menurut saya tetap google menjadi andalan, http://www.infomusik.net/ blog baru jika berkenan mampir...

    ReplyDelete