10 Negara Besar Yang Terkurung Oleh Daratan

Menurut Wikipedia sebuah negara terkurung daratan diartikan satu negara yang terkurung oleh daratan (landlocked country). Pada saat ini, terdapat lebih dari 40 negara yang terkurung oleh daratan. Secara historis, terkurung daratan dianggap sebagai posisi tak menguntungkan, karena memutuskan negara ini dari sumber daya laut yang sangat melimpah seperti perikanan, garam, dan kekayaan laut lainnya, tetapi lebih penting lagi memutuskan perdagangan laut, yang berpengaruh besar pada persentase perdagangan internasional. 
Nasa satelite idds

Seharusnya kita senang tinggal di Indonesia karena negara ini tidak terkurung oleh daratan melainkan terkurung oleh lautan. Negara yang terkurung oleh daratan ini kebanyakan berasal dari benua Eropa, di Benua Eropa ada 9 negara yang terkurung daratan karena berbagai macam hal. Tapi kebanyakan hanya negara-negara yang luas wilayahnya tidak terlalu besar, lalu 10 negara besar apakah yang wilayahnya terkurung daratan? 
south sudan
10. Sudan Selatan
Sudan Selatan adalah negara yang terletak di Benua Afrika, lebih tepatnya Afrika Timur, Negara ini merdeka pada 9 Juli 2011 tengah malam (00:00). Negara ini beribukota di Juba dan Pada tanggal 14 Juli 2011 negara ini resmi bergabung menjadi anggota PBB. Luas negara ini adalah 619.745 km2 (41). Negara ini terkurung oleh 6 negara yaitu Sudan, Republik Afrika Tengah, Republik Congo, Uganda, Kenya, dan Ethiopia.

Peta negara afganistan
9. Afganistan
Afganistan adalah negara yang terkurung daratan yang terletak  di Asia selatan dan Asia Tengah. Memiliki penduduk sekitar lebih dari 32juta jiwa, menjadikan negara paling padat penduduknya ke-42 di dunia. Negara ini merdeka dari Britania Raya pada tanggal 19 Agustus 1919. Luas negara ini adalah 652.846 km2 (40). Negara ini terkurung oleh 6 Negara yaitu dengan Pakistan di selatan dan timur; Iran di barat; Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan di utara; dan Tiongkok di timur laut.

Zambia
8. Zambia
Zambia adalah negara yang terkurung oleh daratan yang terletak di Afrika bagian Selatan, Luas negara ini adalah 752.618 km2 (38). Negara ini ber ibu kota di Lusaka. Negara yang tidak mempunyai garis pantai ini berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo di Utara; Tanzania di timur laut; Malawi di timur; Mozambik, Zimbabwe, Botswana, dan Namibia di selatan; dan Angola di barat.


Bolivia Bike
7.Bolivia
Bolivia adalah negara yang terletak di Amerika Selatan, yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur; Paraguay dan Argentina di selatan; serta Chili dan Peru di barat. Luas negara ini adalah 1.098.581 km2 (27). Diantara negara-negara di Amerika Selatan, Bolivia merupakan negara yang tertinggi dan terpencil. Negara ini salah satu negara penghasil koka dan timah terbesar di dunia. 


etiopia
6. Ethiopia
Ethiopia/Etiopia adalah negara yang terletak di benua Afrika. Negara ini Negara ini cukup unik jika dibandingkan dengan negara-negara Afrika lainnya karena tidak pernah dijajah selama masa Perebutan Afrika dan terus merdeka hingga tahun 1936 saat pasukan Italia menguasai negara tersebut. Pasukan-pasukan Britania Raya dan Etiopia mengalahkan tentara Italia pada 1941 dan Etiopia memperoleh kembali kedaulatannya setelah menanda tangani Perjanjian Britania-Etiopia pada Desember 1944. Etiopia dulu pernah bernama Abisinia. Luas negara ini adalah 104.300 km2 (26).


Mali
5. Mali
Mali adalah negara yang terletak di Benua Afrika bagian Barat. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat. Perbatasannya di sebelah utara memanjang ke tengah gurun Sahara. Mayoritas penduduknya tinggal di wilayah selatan, di mana terdapat Sungai Niger dan Senegal. Negara yang dahulunya bernama Sudan Perancis ini mengambil namanya dari Kekaisaran Mali. Luas negara ini adalah 1.240.192 km2 (23).



4. Niger 
Niger adalah sebuah negara yang terkurung oleh daratan di bagian barat Afrika. Niger berbatasan dengan Nigeria dan Benin di sebelah selatan; Mali di barat; Aljazair dan Libya di utara; dan Chad di sebelah timur. Nama negara ini diambil dari Sungai Niger. Ibu kotanya ialah Niamey. Niger adalah negara berkembang, dan merupakan negara dengan urutan ke-188 Indeks Pembangunan Manusia PBB. Sebagian besar daerah Niger yang bukan gurun terancam mengalami kekeringan secara periodik dan penggurunan. Pusat kegiatan ekonomi terkonsentrasi di sekitar lahan yang subur di selatan negeri, ekspor bahan baku, terutama bijih uranium. Luas negara ini adalah 1.267.000 km2  (21).
Niger

3. Chad
Mendengar namanya agak asing ya, tapi tidak untuk anda yang suka dengan geografi. Chad adalah negara yang terletak di benua Afrika bagian Tengah. Chad berbatasan dengan Libya di sebelah utara,Republik Afrika Tengah di selatan, Niger di barat,Sudan di timur dan Nigeria serta Kamerun di barat daya. Disebabkan oleh jaraknya dan kebanyakan kawasannya yang beriklim gurun, negara berkenaan dirujuk sebagai 'jantung mati Afrika.' Di utara, ia meliputi Pegunungan Tibesti, pegunungan paling besar di gurun Sahara. Chad merupakan sebagian daripada bekas Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa. Luas negara ini adalah 1.284.000 km2 (20).
https://infoduniasekitarnya.blogspot.co.id

2. Mongolia
adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Timur; berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, dan Republik Rakyat Tiongkok di selatan. Mongolia merupakan pusat Kekaisaran Mongol pada abad ke-13 tetapi dikuasai oleh Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17 hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan bantuan Uni Soviet pada 1921. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia tidak diakui Cina sampai tahun 1949. Setelah Komunis menguasai Cina daratan, Cina akhirnya mengakui kemerdekaan Mongolia. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Mongolia menganut aliran demokrasi. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan Alaska sebagian besar wilayah Mongolia memiliki tanah yang gersang kebanyakan wilayah berupa padang rumput dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan Gurun Gobi di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis Mongol yang menganut agama Buddha Tibet dengan kehidupan nomad. Luas negara ini adalah 1.566.000 km2 (18).
Mongolia

1. Kazakhstan
Kazakhstan adalah sebuah negara Antarbenua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Wilayahnya yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Kazakhstan sering di sebut sebagai " Virgin lands ", karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali. Sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Rusia, terutama di sebelah utara dan barat. Di sebelah timur, berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Tiongkok (provinsi Xinjiang). Di sebelah selatan berbatasan dengan Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgistan dan Laut Kaspia. Di negara ini banyak terdapat etnis Rusia. Tempat peluncuran roket luar angkasa Rusia, Baikonur, juga terletak di Kazakhstan. Luas negara ini adalah 2.724.900 km2 (9).
Kazakh

NB: Sebenarnya bukan hanya ada 10 negara yang terkepung oleh daratan, antara lainnya sebagai berikut; Andorra, Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Bhutan, Botswana, Burkina Faso, Burundi, Republik Afrika Tengah, Republik Ceko, Hungaria, Kosovo, Krygystan, Laos, Lesotho, Liechtenstein, Luxemburg, Makedonia, Malawi, Moldova, Nepal, Paraguay, Rwanda, San Marino, Serbia, Slowakia, Swaziland, Swiss, Tajikistan, Turkmenistan, Uganda, Uzbekistan, Vatikan, Zimbabwe.
Sumber : GFP
Sumber Gambar :Shuterstock

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "10 Negara Besar Yang Terkurung Oleh Daratan"

  1. artikel nya lengkap bnget, lumayan buat baca-baca

    ReplyDelete
  2. makasih gan. izin buat tamabahan tugas..

    ReplyDelete
  3. Wah menarik artikelnya, izin di share minn

    ReplyDelete
  4. baru tau kalo kazakhstan ga ada lautnya. andai ada petanya. yang saya tau sih kalo di asia tenggara Laos gan. hehe

    ReplyDelete
  5. share lagi dong info tentang negaranya, tx dulu

    ReplyDelete
  6. kasian gak tau pantai berarti

    ReplyDelete
  7. jarang liat pantai tuh pasti, beruntung banget tinggal di indo, pantai dan laut dimana-mana..

    ReplyDelete
  8. jadi makin bersukur bisa tinggal diindonesia hehe ..

    ReplyDelete
  9. Info yang menarik noh, lumayan buat nambah wawasan

    ReplyDelete
  10. Nambah wawasan banget nih articlenya. Terimakasih gan

    ReplyDelete
  11. Kalau pengen mantai jauh nih, harus ke luar negeri dulu, :3

    ReplyDelete
  12. baru tau zambia negara yg terkurrung padhal disitu pemandangan nya bagus lho

    ReplyDelete
  13. anjay baru tau gan , thanks infonye ya gan

    ReplyDelete
  14. Sangat bermanfaat info artikelnya

    ReplyDelete